Kamis, 03 November 2011

Mengapa Drama Korea??

Lagi ga pingin mikir yang berat-berat jadi aku memutuskan untuk menulis tentang drama korea..wkwkwkwkwkwk

Iya, aku pencinta drama korea sejak tahun 2003 sejak dulu masih kuliah. Kenapa memilih drama korea??
1. Artis dan aktornya cantik dan ganteng, udah gitu modis banged :P. Salah satu aktor korea yang takut Tuhan itu Choi Si Won. Akting para pemain drama korea juga keren banged, kualitas gambar juga oke dah.
2. Ga ada atau sangat sedikit adegan yang "hot" bahkan ciuman aja jarang banged, ga sama kaya film hollywood sono
3. Peran antagonisnya ga jahat-jahat amat seperti sinetron indo yang bisa bikin kita ikut-ikut geram terbawa esmosi..arggghh
4. Kisah cintanya lucu-lucu, kebanyakan thema ceritanya romantic comedy gitu..Jadi bisa ngakak2 nontonnya.
5. Tontonan ringan, ga pake mikir, bikin refreshing otak :D
6. Ada banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil dari drama korea dibanding dengan tontonan lainnya antara lain :
- mereka sangat hormat sama orang tua (tapi kadang berlebihan)
- mereka masih menjunjung tinggi nilai ketimuran mereka. Bercerai, selingkuh, dan kumpul kebo masih dianggap tabu
- menjunjung tinggi sopan santun (Terbiasa memberi salam, selamat datang, selamat tinggal, selamat bekerja. Tidak merokok di sembarang tempat. Suka mengucapkan terima kasih dan meminta maaf klo salah *sering banged melihat ini di drama korea*.
- Disiplin, pekerja keras dan taat.

Setelah lama menonton drama korea, aku juga jadi suka sama kebudayaan korea, antara lain :
  • Bahasa korea..hehehehehe..Aku sering ketemu orang korea yang kuliah di UI, seneng deh denger mereka ngomong. Pernah sekali, aku seangkot sama segerombolan mahasiswa korea. Sepertinya mereka baru pernah ke Indo dan naik angkot pula. Pas mo turun, aku bilang dong sama sopir angkotnya : "kiri bang". Eh, ntu salah satu mahasiwa korea bilang sama temannya (tentu saja dalam bahasa korea), klo mau turun bilangnya "kiri bang"..wkwkwkwkw, asli langsung ngakak denger itu orang korea ngomong "kiri bang" dengan logat koreanya yang kental :P
  • Hanbok. Hanbok itu pakaian orang korea. Klo sekarang sih udah ga pernah menjadi pakaian sehari-hari lagi. Klo dulu sih iya seperti di filmnya Jang Geum - Jewel in the Palace.
Ini dia gambarnya pakaian ceweknya *suka deh*
  • Makanan yang paling sering muncul di drama korea yaitu :
  1. Ramyeon atau ramen ini adalah mie dari Jepang. Klo didrama korea, mereka makan pake panci kecil gitu..hahahahaha *ga pernah terjadi di Indo* kaya gini ini. Tapi yang paling sering makan ramen itu orang sederhana. Klo orang kaya sih makan ramen juga sih tapi jarang banged.
  2. Kimchi itu sayuran yang terdiri dari lobak dan sawi putih yang difermentasi dan diberi bumbu pedas sampe merah gitu deh.
  3. Odeng. Ini jajanan paling populer di korea. Hampir disetiap sudut kota korea ada penjual odeng yang menggunakan kereta gitu. Odeng adalah kue ikan olahan yang direbus dalam kaldu dan disajikan dalam bentuk sate.
  4. Dikorea juga banyak warung-warung dipinggir jalan yang menjual daging yang dipanggang. Daging dipotong kecil2 dan dibungkus dengan sayuran. Biasanya mereka minum soju (arak yang dibuat dari beras/gandum atau kentang yang difermentasikan) sambil makan daging-dagingan itu.
  • Festival cherry blossom. Sebenarnya bunga sakura lebih banyak ditemui di Jepang. Sakura merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar awal bulan April. Sakura tumbuh juga dibeberapa tempat di Korea Selatan. Festival cherry blossom di diselenggarakan di Kota Jinhae antara tanggal 4-10 April 2011. Aku suka deh ngeliat pohon ini, apalagi dikasih lampu pas malam hari. Indah banged :)

Selain yang baik-baik diatas, ada beberapa kebiasaan buruk yang ditampilkan dalam drama korea, antara lain :
  1. Suka mabok-mabokan apalagi kalo lagi depresi, entah patah hati, kehilangan pekerjaan atau lagi punya masalah rumah tangga. Bisa juga lagi bahagia seperti merayakan sesuatu dengan teman-teman mereka untuk membina persahabatan. Di Korea, minum minuman beralkohol itu sudah menjadi kebiasaan mereka. Bahkan jika pertama kali cowok datang ke rumah pacarnya untuk memperkenalkan diri dengan orang tuanya, pasti harus minum-minum sampe mabok dan pingsan (pertarungan antara ayah dan calon mantu :D)
  2. Materialistis. Hampir disebagian besar drama korea, masalah utama mereka adalah uang. Peran antagonis dalam hampir sebagian besar drama korea yang kutonton adalah orang-orang yang mencintai uang dan kekuasaan.
  3. Bicaranya kadang kasar n cablak. Orang tua atau atasan kadang sangat kasar membentak anak atau bawahannya. Malah pake di getok pula kepalanya *hadeh*. Paling kaga suka klo gw diginiin. Tapi mereka ga suka mendendam.
udah ah, jadi panjang lebar gini ceritanya.

*semua gambar2 diatas diambil dari mbah google :P*

8 komentar:

viryaniKHO mengatakan...

wah kmu suka korea ya? aku suka yg detektip2 ahaha yg bunuh2 mikir2 gtu wkwk kejamnya. ya ga sampe berdarah2 pokonya yg ga cinta2an d.. wkwk.
drama korea yg paling ak demen tuh full house. bnr ga si bakal kluar lagi?? yg k2?
btw background designmu sama ma inii http://in-everything.blogspot.com/

Welly Lokollo mengatakan...

@ani : waduuuh, serem amat x.x
Aku ga berani yang bunuh2an, ga tega. Klo yang perang tapi ga tll sadis sih gpp ato yang kaya City Hunter gitu.

Yaaaaah, ada yang sama :D. maklum ga bisa desain sendiri jadinya begitu deh

Dhieta mengatakan...

Waaaahhh, gw juga suka nonton drana Koreaaa... Ooooh Kak Min Hyoookkk :p Pengen ke korea nih wel, lagi cari2 beasiswa gtu ksana, tapi yg d desa ny, bukan yg di seoul... :D

Welly Lokollo mengatakan...

@Dhieta : hahahahahaha, aku juga pingin ke korea tapi pingin jalan2 doang sih..Ayo diet, pasti banyak beasiswa :) Kesonolah biar bisa cerita pengalamanmu ke kita2 juga

marthavina mengatakan...

Welly, toss dulu ahh..! saya jg suka, even udah jd nyokap keiko, ini udah dari tahun berapa gak tau deh, tp yg jelas lanjutan saya dari suka bgt sama drama Jepang, btw...waktu emmbassy korea bikin acara di gandaria city dateng gak?? aku pas ada disana, btw..aku sedikit nulis di blog ku dibulan oktober yg judulny akar kalo ada waktu di liat aja http://kicaugembiramama.blogspot.com/2011/10/akar.html hi..hi..

Welly Lokollo mengatakan...

@Kak Martha : ternyata oh ternyata, banyak juga penggemar drama korea nih :P aku ga datang kak, tapi aku udah baca tulisan kk yang itu kok :)

Anonim mengatakan...

aku juga suka korea. drama korea yang paling terakhir aku nonton itu time slip dr jin. klo aku nonton film korea bisa2 paling lama itu 1 minggu lebih. pokokx aku itu fans berat korea deh.

Anonim mengatakan...

aku udah banyak nonton film korea. tapi klo ada saran untuk film baru aku juga mau.