Selasa, 01 November 2011

Petir oh Petir

Mengakhiri bulan Oktober dan memasuki bulan November, Depok selalu diguyur hujan lebat. Bukan hanya hujannya aja yang lebat, angin sama petirnya juga sama hebohnya. Berhubung kantor gw di lantai 4 dan disekelilingnya banyak pohon, kadang bisa denger suara angin yang menderu-deru.

Hujan biasanya turun setelah jam 3 sore, karena aku pulang kantornya jam4, biasanya ketahan tuh sama si ujan :P. Bukan hanya karena hujannya yang lebat tapi karena petirnya yang maha dahsyat *lebay*. Tapi beneran lho, dibanding sama petir di Ambon dan Surabaya, petir di Depok itu sangat mengerikan. Aku sampe pernah ngeliat bentuk petir yang z z itu, sampe di jalan gitu..hwaaaaaaaa

Dan ternyata juga petir berarus terbesar ada di Depok >.<. Sebuah majalah ‘Intisari’ pernah mengungkapkan bahwa petir berarus listrik terbesar terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah Depok. Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), itu untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta. Tak disangka, para peneliti mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun. Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir – udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol – terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim. (sumber : http://www.scribd.com/doc/11549380/Situs-Pengetahuan).

Syukurnya, sekalipun petirnya dashyat tapi aku belum pernah dengar orang disekelilingku (yang di Depok) yang punya pengalaman tersambar petir dan sejenisnya.

Demikian curhatku sore ini :P

7 komentar:

F8-Loen mengatakan...

dulu di rumah gw ada beberapa pohon jati yang tinggi, sempet kesamber petir. Ceritanya gw lagi nonton tivi sore2. ujan udah reda, cuma petir beberapa kali aja nakutin. yah gw cuek aja nonton tv, posisi tv deket jendela dan melalui jendela bisa terlihat pohon jati tinggi itu...
tiba2 ada kilatan cahaya terang disertai suara menggelegar diikuti dengan beberapa lembar daun jati yang berhamburan jatuh dari atas pohon dengan bau hangus... abis itu langsung berenti nonton tv...

semenjak itu, mulai deh pohon2 tinggi ditebangin. meskipun di rumah udah pake penangkal petir, tapi karena sering hujan angin disertai petir, jadi lebih aman pohon2 besar ditebang daripada rubuh niban rumah...

untuk amannya kalo kondisi hujan disertai petir, sebaiknya alat2 elektronik yg tersambung langsung ke saluran listrik jangan digunakan. daripada daripada.... :p

Mega mengatakan...

aku pernah tuh di jogja waktu KKN di panti asuhan dapat cerita, temennya anak panti yang tempat aku KKN tuh kesambar petir, pas lagi maen voli ujan-ujanan Wel, meninggal katanya Wel, serem banget kan.

Anonim mengatakan...

@fet : iya sih, gw sih biasanya cuek2 aja nonton tv sekalipun petirnya serem banged diluar, tapi kadang takut juga :(..gmna ceritanya klo tipi gw tiba2 angus *hayah*

@mega : serem banged meg :(..gw juga kadang takut jalan pas lg petir2 gitu..takut kesamber

marthavina mengatakan...

hi..hi...WElly, aku tahu kok apa yang kamu rasain secara dulu..rumah ortu ku itu kan di Pekayon,deket jln. raya jkt-bogor, ya..pokoknya inan salon, gramed depok, sama margo itu...juga hideaway ku dulu deh...dan kalo pas musim yg udah ber..ber..an ini, kilatnya ampyun...mamaku salah satu yg paling takut bgt tuh sm petir..buat savenya sih, kalo pas ujan yang berpetir gitu...jgn ada dilapangan, karena biasanya petir itu menyambar apa apa yang tinggi, jadi kalo pas emang ada di lapangan pas ujan, ya..better kita masuk ke rumah

Welly Lokollo mengatakan...

Kak Martha : Iya kak, asli serem banged..aku juga klo lagi hujan n petir gitu lebih nyaman klo dalam ruangan

F8-Loen mengatakan...

katanya juga kalo lagi kondisi banyak petir, itu rumah lampu walaupun lampunya udah mati, sebaiknya jangan dibiarkan kosong... katanya loh yaa...

Welly Lokollo mengatakan...

@ Faith : emang napa? disamber petir juga tuh rumah lampunya??